PABOI Bali Nusra merupakan Organisasi Perhimpunan Dokte Spesialis Orthopaedi dan Traumatolohi Indonesia yang terdiri dari dokter spesialis orthopaedi yang berpraktik di wilayah Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

Ilmu pengetahuan terus berkembang dengan pesat tanpa terkecuali, juga di bidang kedokteran khususnya Orthopaedi dan Traumatologi. Banyak penelitian dan publikasi baru yang terus memperkaya ilmu Orthopaedi dan Traumatologi dengan teknik-teknik pemeriksaan maupun tata laksana yang baru. Dengan terus menambah wawasan dan ilmu pengetahuan, diharapkan hal ini dapat mempertahankan atau bahkan meningkatkan mutu pelayanan terhadap pasien secara klinis. Pandemi Covid-19 tidak menjadi halangan untuk mengadakan seminar dimana sharing informasi terupdate biasa dilakukan. Seminar secara daring atau lebih dikenal dengan webinar menjadi ajang penyaluran tambahan pengetahuan bagi sejawat ahli bedah orthopaedi di Indonesia dan khususnya di wilayah Bali Nusra, juga dokter umum dan tenaga kesehatan lainnya dalam memberikan pelayanan terhadap pasien.

Webinar PABOI Bali Nusra diselenggarakan dalam 3 seri setiap 2 minggu sekali pukul 10.00 WITA di akhir tahun 2020. Seri pertama berlangsung pada Sabtu, 21 November 2020 bertemakan “Update in Orthopaedic Upper & Lower Extremity” dan memiliki dua topik bahasan. Adapun topik bahasan pertama yakni dipandu oleh moderator dr. Putu Feryawan Meregawa, Sp.OT., M.Biomed (Bali), dimana dr. Dyah Purnaning, Sp.OT dari Mataram (NTB) menjadi pembicara pertama dengan judul “Infection in Upper Limb” dan dr. Zuwanda, M.Kes., Sp.OT dari Labuan Bajo (NTT) menjadi pembicara kedua dengan membahas beberapa kasus terkait dibantu dengan panelis Dr. dr. Made Bramantya Karna, Sp.OT (K) dan dr. A A GdeYuda Asmara, Sp.OT (K). Topik bahasan kedua dipandu oleh moderator dr. I Wayan Subawa, Sp.OT (K) dari Bali dengan pembicara pertama dr. Su Djie To Rante, Sp.OT., M.Biomed. dari Kupang (NTT)mengenai “Multiple Trauma and Damage Control Orthopaedic” dan dilanjutkan pembahasan kasus terkait oleh dr. I Made Iman Antariksa, Sp.OT (Bali) juga dibantu oleh panelis dr. I Wayan Suryanto Dusak, Sp.OT (K), dr. IGN Wien Aryana, Sp.OT (K), dan dr. Cokorda Gde Oka Dharmayuda, Sp.OT(K).

Seri Kedua berlangsung pada Sabtu, 5 Desember 2020 Pukul 10.00 bertemakan “Update in Orthopaedic Degenerative and Sport Injury Cases” juga memiliki dua topik bahasan. Topik pertama dipandu oleh moderator dr. IB Gede Arimbawa, M.Biomed., Sp.OT dari Bali. Dengan pembicara pertama mengenai“Most Common Degenerative Problem in Spine” oleh dr. I Made Artana, M.Biomed., Sp.OT (K) dari Mataram (NTB), dan pembicara kedua mengenai kasus terkait adalah dr. I Made Buddy Setiawan, M.Biomed., Sp.OT (K) dari Kupang (NTT), sharing kasus juga tak luput dari bantuan panelis dr. K.G. Mulyadi Ridia, Sp.OT (K) dan dr. I Gusti Lanang NAAW, Sp.OT (K). Topik bahasan kedua dipandu oleh moderator dr. IA Ratna Dewi Arrisna A, M.Biomed., Sp.OT (K), dengan dr. Ferdiansis, Sp.OT dari Mataram (NTB) sebagai pembicara pertama dengan judul “Run, Cycle, and Gym in Orthopaedic View” dilanjutkan dengan pembahasan kasus terkait oleh dr. I Wayan Murjana, Sp.OT (K) dari Bali, dengan bantuan panelis dr. IGN Wien Aryana, Sp.OT (K).

Seri Ketiga berlangsung pada Sabtu, 19 Desember 2020 bertemakan “Update in Orthopaedic Pediatric and Oncology Cases” dengan dua topik bahasan. Topik bahasan pertama dipandu oleh Dr. dr. I Gede Eka Wiratnaya, Sp.OT (K), sebagai pembicara pertama adalah dr. Hudaya Nikmatullah, M.Ked.Klin., Sp.OT dari Mataram (NTB) mengenai “How To Diagnose Orthopaedic Tumor” dan pembicara kedua dr. I Wayan Restu Bela Susila, M.Biomed., Sp.OT membahas kasus terkait dibantu oleh panelis Prof. Dr. dr. Putu Astawa, M.Kes., Sp.OT (K). Topik bahasan kedua dipandu oleh moderator dr. Kadek Ayu Candra Dewi, Sp.OT (K) dengan pembicara pertama oleh dr. Made Agus Maharjana, M.Biomed., Sp.OTdari Bali dengan judul “Pediatri – CTEV” dan sharing kasus terkait oleh pembicara kedua dr. DG Satria Ambara, Sp.OT dari Bali dibantu oleh panelist Prof. Dr. dr. I Ketut Siki Kawiyana, Sp.B., Sp.OT (K).

Webinar yg dilangsungkan dalam 3 seri ini bebas biaya registrasi sebagai bentuk pengabdian seluruh Anggota PABOI Bali Nusra dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan wawasan khususnya di bidang Orthopaedi dan Traumatologi. Dengan total peserta mencapai 2093 pada ke 3 seri dengan dominasi dokter umum diharapkan mampu memberikan tambahan ilmu pengetahuan serta peserta diharapkan dapat memberikan pelayanan kepada pasien lebih optimal.