PERAMOI merupakan organisasi Perhimpunan Bedah Ekstremitas Atas dan Mikro Rekonstruksi Indonesia yang tidak asing lagi di kalangan medis, terutama ahli bedah orthopedi. Anggotanya terdiri dari dokter spesialis orthopedi yang menekuni sub spesialisasi dibidang Bedah Ekstremitas Atas dan Mikro Rekonstruksi. Dalam masa pandemi ini, PERAMOI tetap aktif mengadakan seminar yang diadakan secara online(webinar)untuk membagikan update terkini mengenai bedah ekstremitas atas. Pada kesepatan kali ini, webinar series 2020 yang diadakan terbagi dalam 5 seri,diadakan 1 minggu sekali.

Seri pertama (hand) pada 19 Juli 2020 dengan tema “Let’s Not Underestimate The Injury” diawali dengan pidato pembukaan oleh presiden PABOI Dr.dr. Edi Mustamsir, Sp.OT(K) dan dibawakan oleh 3 pembicara yaitu dr. Sudhir Warrier dari India, dr. Meirizal Hasan, Sp.OT(K) dari Yogyakarta dan Ms. Sue Shaw,OT dari Australia dengan Dr.dr. Made Bramantya Karna, Sp.OT (K) sebagai moderator.

Seri kedua (wrist) pada 2 Agustus 2020 dengan tema “The Forgotten Enigmatic Joint” dibawakan oleh 4 pembicara yaitu dr. Oryza Satria, Sp.OT (K) dari Jakarta, dr. Seti Aji Hadinoto, Sp.OT (K) dari Solo, Prof. Christophe Mathoulin dari Perancis, dan dr. Margaretta Arianni, Sp.OT (K) dari Jakarta dengan dr. Teddy H. Wardhana, Sp.OT (K) sebagai moderator.

Seri ketiga (elbow) pada 9 Agustus 2020 dengan tema “ComplexityRevisited” dibawakan oleh 4 pembicara yaitu dr. Pramono Ari Wibowo, Sp.OT (K) dari Surabaya, dr. Jeffery Hughes MBBS FRACS (ortho) dari Australia, dr. Wiria Aryanta, Sp.OT (K) dari Palembang, dan dr. Agung R.B Santoso, Sp.OT (K) dari Malang dengan dr. Widya Arsa, Sp.OT (K) sebagai moderator.

Seri keempat pada 23 Agustus 2020 dengan tema “Advances In Shoulder” dibawakan oleh 3 pembicara yaitu prof. Steven Samijo dari Belanda, Dr.dr. Heri Suroto, Sp.OT (K) dari Surabaya, dan dr. Peni Kusumastuti, Sp.KFR (K) dari Jakarta dengan dr. Putut Sugiantoro, Sp.OT (K) sebagai moderator.

Seri terakhir, seri kelima (peripheralnerve) pada 6 September 2020 dengan tema “Peripheral Nerve: Taking Back Function’ dibawakan oleh 4 pembicara yaitu dr. Wildan Latief, Sp.OT (K) dari Jakarta, dr. Kangchai Alungpaishrope dari Thailand, dr. Tito Sumaroto, Sp.OT (K) dari Solo dan dr. Reni Hendrarati, Sp. KFR dari Surabaya dengan dr. Thomas Erwin CJ Huwae, Sp.OT (K) sebagai moderator.

Antusias para peserta webinar pun sangat tinggi dengan jumlah peserta sebanyak 5.171 orang yang berpartisipasi dalam acara ini dimana jumlah tersebut terbagi dari sabang sampai merauke bahkan luar negeri.

Saat ini kegiatan-kegiatan webinar semacam ini sangat membantu tenaga medis dalam menambah pengetahuan di era pandemic dimana setiap kegiatan seminar offline saat ini sangat dibatasi oleh pemerintah. PERAMOI sangat mendukung kegiatan semacam ini sebagai wadah untuk menambah ilmu pengetahuan dan memperluas wawasan. Harapannya kegiatan webinar ini mampu memberikan pengetahuan dan update terkait bidang orthopaedi khususnya ekstremitas atas dan mikro rekonstruksi sehingga dapat memberikan pelayanan yang lebih optimal dan menyeluruh.