Kuman-kuman tersebut dapat masuk kejaringan sekitar kuku oleh beberapa mekanisme, antara lain karena kebiasaan menggigit kuku, terkena kotoran pada permukaan kulit yang rusak/ lecet, penggunaan kuku palsu yang merusak permukaan kuku, atau pekerjaan yang mengharuskan area tangan terus menerus terkena air (lembab). Kondisi daya tahan tubuh yang lemah juga dapat meningkatkan kemungkinan terkena paronikia.

Bagaimanakah gejala Paronikia?

Gejala yang dapat ditemukan antara lain nyeri ketika kuku atau kulit di sekitar kuku disentuh. Pembengkakan di sekitar kuku jugadapat dijumpai, bersamaan dengan warna kemerahan dan rasa hangat padakulit di sekitarnya. Pada kasus yang lebih berat, nanah dapat nampak keluar dari permukaan kulit atau dari bawah kuku. Hal ini menyebabkan kuku tidak menempel lagi pada permukaan kulit, dan dapat juga disertai dengan timbulnya demam.

Apa yang harus dilakukan bila terkena Paronikia?

Penanganan awal paronikia dapat dilakukan dengan kompres dingin pada area yang terkena. Konsumsi analgetik ringan yang dijual bebas juga dapat dilakukan untuk mengurangi nyeri. Tetap jaga kebersihan area kaki/tangan, bersihkan dengan air mengalir dan sabun antibakteri secara rutin. Hindari kebiasaan menggigit kuku, penggunaan cat kuku, alas kaki yang lembap, terlalu ketat dan sempit. Utamakan pemilihan alas kaki yang nyaman dan terbuka di bagian jarinya.

Kapan perlu mengunjungi dokter?

Bila gejala tidak perbaikan dengan penanganan awal tersebut, maka disarankan untuk mengunjungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Tanda-tanda yang harus diwaspadai juga antara lain timbulnya demam, keluar nanah ( juga dapat disertai bau busuk), nyeri yang berat, dan jari yang semakin membengkak. Paronikia yang tidak ditangani dengan tepat bisa menimbulkan sejumlah komplikasi, antara lain perubahan permanen pada bentuk kuku, infeksi kronis, serta penyebaran infeksi ketulang, area sekitar jari, maupun keperedaran darah sistemik. Jadi jagalah selalu kebersihan ujung jari-jari anda, dan segera kunjungi dokter bila ada keluhan yang mengarah ke tanda bahaya!